HAKIKAT ORGANISASI

Mengapa organinisasi itu penting??

Banyak hal yang akan didapat jika kita aktif didalam suatu organisasi, organisasi dapat mengupgrade skill atau kemampuan kita yang tidak kita dapat dalam kursi perkuliahan. Selain itu organisasi juga dapat menambah wawasan kita. Organisasi juga merupakan tempat dimana kita dapat mengimplementasikan dan menyalurkan ilmu yang kita dapat. Organisasi dapat pula dijadikan sebagai ajang untuk menambah curiculum vitae, namun CV hanyalah simbolik. Bagian yang terpenting dari berorganisasi adalah tergantung dari apa yang kita niatkan.

Organisasi adalah sekumpulan orang dalam satu struktur yang memiliki tujuan yang sama. Sekumpulan orang yang berkumpul brsama tapi tidak memiliki strukyur dan tujuan yang jelas tidak dapat dikatakan sebuah organisasi. Organisasi merupakan tempat untuk mengajukan gagasan dan ide untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang ada. Masalah ide atau gagasan kita terpakai atau tidak bukanlah suatu masalah, yang terpenting kita telah memiliki kepekaan terhadap suatu permasalahan dan setidaknya memberikan soslusi atas permasalahan tersebut. Organisasi tentunya merupakan suatu kebutuhan bagi setiap individu karena didalam organisasi tentunya ada hubungan timbal balik (sosialisasi) dan interaksi antar individu dan interaksi ini merupakan kebutuhan bagi setiap individu karena tidak mungkin individu mampu bertahan hidup degan kesendiriannya.

Ketika kita lelah saat berorganisasi maka adakalanya kita untuk merefresh dan merenungkan kembali apa tujuan dari organisasi yang kita. Yakinkan diri bahwa organisasi yang kita ikuti ini memiliki manfaat yang sangat besar bagi kita baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang. tidak ada kata lelah untuk berorganisasi karena organisasi merupakan tempat bagi kita untuk memberikan manfaat bagi orang lain, karena sebaik-baiknya manusia adalah yang dapat bermaanfaat bagi orang lain. Tuhanlah yang akan memberikan balasan atas apa yang telah kita berikan bagi makhluk-Nya.

Organisasi intra kampus atau biasa disebut dengan lembaga kemahasiswaan (LK) di UNPAD sendiri hanya ada satu yakni KEMA. Sedangkan BEM, BPM,UKM dan lainnya, semua itu merupakan bagian kecil dari kemahasiswaan. Dan organisasi intra kampus itu sendiri sudah memiliki peraturan khusus yang dibuat oleh DIKTI.

indexAmalia Pebriyanti
220110130003
Keperawatan UNPAD

Advertisements

PERBANDINGAN PERGERAKAN MAHASISWA (Dulu, Kini dan Nanti)

Reformasi98

Pergerakan Mahasiswa adalah kegiatan kemahasiswaan yang ada didalam maupun diluar perguruan tinggi yang ada dilakukan umtuk meningkatkan kecapan, intelektualitas dan kemampuan kepemimpinan para aktivis yang ada di dalamnya. Pergerakan mahasiswa pada zaman dahulu (pada masa penjajahan), memiliki semangat yang tinggi karena memiliki satu visi atau tujuan yang jelas yakni menegakan atau mencapai Indonesia merdeka, maka utuk mewujudkan visi tersebut tentunya ada misi yang dijalankan oleh para mahasiwa, seperti dibentuknya organisasi seperti Boedi Utomo dan Indische vereeninging yang dapat menyatukan seluruh mahasiwa Indonesia untuk mencapai satu tujuan yakni Kemerdekaan. Kehadiran Boedi utomo dan Indische vereeninging pada saat itu merupakan suatu episode sejarah yang menandai munculnya sebuah sebuah angkatan pembaharu dari kaum terpelajar dan Mahasiswa sebagai aktor terdepannya. Pergerakan mahasiswa zaman dulu memang memiliki power yang cukup kuat karena hampir seluruh mahasiswa memiliki kepekaan yang tinggi terhadap permasalahan yakni penjajahan. Sedangkan pergerakan mahasiswa saat ini dapat kita lihat bagaimana kondisi mahasiswa saat ini, keegoisan mahasiswa saat ini sangat terlihat jelas. Banyak mahasiswa yang tidak memiliki kepekaan terhadap permasalahan yang ada, akibatnya pergerakan mahasiswa saat ini sangat berbeda jauh dengan pergerakan mahasiswa zaman dulu, kemudian tidak ada tujuan dan visi misi yang jelas itulah yang menyebabkan pergerakan mahasiswa saat ini sangat jauh dari yang diharapkan. Lalu bagaimanakah kondisi pergerakan mahasiswa yang akan datang? Sebagian besar mungkin akan berpendapat bahwa pergerakan mahasiswa di masa yang akan datang akan semakin buruk jika dibandingkan dengan pergerakan mahasiswa saat ini karena fasilitas-fasilitas yang akan semakin menjamin dan menimbulkan keegoisan yang lebih tinggi dari saat ini. Tapi sebagai calon seorang pemimpin yang akan menciptakan pemimpin-pemimpin baru dimasa yang akan datang, kita harus optimis bahwa kita dapat mengubah pergerakan mahasiswa yang akan datang menjadi jauh lebih baik dari saat ini.

Salam Satu Mahasiswa Indonesia!

Amalia Pebriyanti

220110130003

Keperawatan UNPAD

SURAT CINTA UNTUK CALON SUAMIKU

Assalmualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Dear calon imamku

cf

Apa kabarnya imanmu hari ini? Sudahkah engkau awali harimu dengan ucapan syukur karena dapat menatap kembali hari ini.  Sudahkah  air wudhu menyegarkan kembali ingatanmu atas amanah yang saat ini tengah kau genggam.

Wahai calon suamiku

Tahukah engkau bahwa Allah sangat mencintaiku betapa dahsyatnya ?

Disini aku ditempa untuk menjadi dewasa  agar aku lebih bijak menyikapi suatu kehidupan dan siap mendampingimu kelak. meskipun kadang keluh dan putus asa, namun kini kurasakan diri ini lebih baik.

Kadang aku bertanya kenapa Allah selalu  mengujiku tepat  dihatiku. bagian terapuh diriku, namun kini aku tahu jawabannya.

Allah tahu dimana tempat yang paling tepat agar aku senantiasa  kembali mengingat-Nya kembali mencintai-Nya. Ujian demi ujian insya Allah membuatku tangguh sehingga saat kelak kita bertemu, kau bangga telah memilik aku di hatimu

Calon suamiku entah dimana dirimu saat ini. tapi  aku yakin Allah sangat mencintaimu sebagaimana Dia mencintaiku. Aku yakin Allah kini tengah melatihmu untuk menjadi mujahid yang tangguh sehingga aku pun akan bangga memilikimu kelak.

Apa yang kuharapkan darimu adalah keshalihan, semoga sama halnya dengan dirimu. Karena apabila kecantikan yang kau harapkan dariku maka hanya kesia-siaan yang kau dapati.

Aku masih haus akan ilmu, namun berbekal ilmu yang ada saat ini, aku berharap kelak dapat menjadi isteri yang diridhoi Allah dan dirimu, calon imamku

Wahai calon suamiku saat aku masih menjadi asuhan ayah dan ibuku tak lain doaku agar menjadi anak yang sholehah, agar menjadi tabungan keduanya  di akhirat

Namun nanti,  setelah menjadi isterimu, aku berharap menjadi pendamping yang sholehah agar kelak di syurga cukup aku yang mendampingi menjadi bidadarimu.

Aku ini pencemburu berat namun jika Allah dan Rasulullah  lebih engkau cintai daripada aku, aku rela. Aku harap begitu juga dengan dirimu

Aku yakin kaulah yang kubutuhkan meski nanti kau bukanlah yang ku harapkan.

Bunga  akan indah  pada waktunya yaitu tatkala bermekaran menghiasi taman, maka kini tengah kupersiapkan diri ini sebaik-baiknya, berharap menyambut kehadiranmu dalam kehidupanku.

Kini aku sedang belajar menjadi yang terbaik, meski bukan umat yang terbaik tapi setidaknya menjadi yang terbaik disisimu kelak

Calon suamiku yang dirahmati Allah

Apabila hanya sebuah gubuk menjadi perahu pernikahan kita takan kunamai dengan gubuk derita, karena itulah markas dakwah kita dan akan menjadi indah ketika kita hiasi dengan cinta dan kasih

Ketika kelak telah lahir generasi penerus islam dari pernikahan kita bantu aku untuk bersama mendidiknya dengan harta yang halal, ilmu yang bermanfaat, terutama menanamkan pada diri mereka ketaatan pada Allah SWT

Calon suamiku inilah sekilas harapan yang kuukirkan dalam rangkaian kata. Seperti kata orang tidak semua yang dirasakandapat diungkapkan dengan kata-kata.

Itulah yang kini kuhadapi. Kelak saat kita tengah bersama maka disitulah kau akan memahami diriku sama halnya diriku yang akan belajar memahamimu.

Bersabarlah calon suamiku
Doaku selalu
agar Allah memudahkanmu tuk menjemput aku menjadi bidadarimu

Semoga Allah selalu menjagamu agar tak tersentuh yang bukan mahrommu, meski hanya seujung kuku, agar kau bisa mempersembahkan dirimu seutuhnya untukku.

Seperti halnya aku yang ingin mempersembahkan diriku seutuhnya hanya untukmu

Sudah dulu yanhh calon suamiku salam cintaku untukmu

Wassalamualaikum warahmatullahiwabarakatuh

AKU BANGGA MENJADI MUSLIMAH

Hal pertama yang terpikir dalam benakku ketika pertama memulai tulisan ini ialah rasa syukurku yang begitu dalam kepada Allah SWT yang telah memberikan nikmat iman dan islam kepada jiwa ini, ucapan terimakasih yang tak terhingga ku ucapkan pada-Nya karena telah menakdirkanku lahir dari keluarga muslim. Aku tak yakin akan mendapatkan kebenaran yang hakiki ini manakala aku lahir bukan dari keluarga muslim, aku tak yakin akan mendapat secercah hidayah-Nya untuk mendapatkan kenikmatan besar yang saat ini kurasakan, yakni kenikmatan menjadi seorang muslimah.

Islam itu sangat memuliakan perempuan loh, percaya atau tidak tapi itulah yang kurasakan. Hal ini juga mungkin dirasakan oleh para muslimah diluar sana yang menikmati indahnya Islam. Ketika seorang perempuan mengikuti aturan yang digariskan islam, itu bukanlah suatu kekangan seperti anggapan kebanyakan orang, melainkan sebagai duri pelindung yang akan senantiasa menjaga perempuan dari hal-hal yang tidak di Inginkan.

Ketika islam menyuruh kaum perempuan untuk menggunakan hijab, kebanyakan orang beranggapan bahwa hijab itu suatu penjara yang menyebabkan perempuan tidak bebas bergerak, kuno, risih dan lain sebagainya. padahal sesungguhnya perintah itu adalah bukti cinta dan sayangnya Allah kepada perempuan. Hijab itu merupakan penjara suci, hijab itu merupakan sumber ketenangan yang akan membuat muslimah senantiasa merasa aman. So, tetap di jaga yah hijabnya niscaya Allah SWT senantiasa melindungi kita dari fitnah dunia dan akhirat. Buat para muslimah yang belum berhijab, ketahuilah Allah senantiasa membuka pintu rahmat seluas-luasnya jika kamu mau juga berada dalam lindungan-Nya.

Selain mempersilahkan untuk mengikuti aturan berhijab, Islam juga mempunyai cara lain dalam memuliakan dan menjaga kaum hawa yakni dengan meminta para muslimah untuk senantiasa menundukan pandangan dari kaum laki-laki, yang bukan mahramnya. Islam juga meminta kaum perempuan untuk tidak berdandan yang berlebihan. tujuannya apalagi kalo bukan untuk menjaga kehormatan perempuan. Di dalam realita kehidupan yang ada saat ini, kejahatan yang terjadi pada perempuan seperti pelecehan seksual dan lain sebagainya, kita tidak bisa menyalahkan si pelaku sepenuhnya. Tetapi sebagai perempuan kita seharusnya mengevaluasi dan meng-upgrade diri. Layakkah tingkah laku dan pakaian yang melekat pada diri kita. Jika para muslimah mengikuti apa yang digariskan agamanya, Niscaya si pelaku pun akan merasa segan untuk berbuat kesalahan. Dan hal-hal yang tidak diinginkanpun tak akan pernah terjadi, bukan begitu?

Rasulullah SAW juga sangat menghargai dan memuliakan perempuan, beliau sangat mencintai dan menyayangi kaum perempuan sebagaimana terukir dalam kisah perjalanan kehidupannya. Beliau begitu menghargai istrinya Siti Khodijah, sangat menyayangi putrinya Fatimah Azzahra, memuliakan para janda dan tak pernah sekalipun merendahkan derajat perempuan. Rasulullah lah pelopor yang mengangkat kehormatan perempuan dari kegelapan di zaman jahiliyyah. Di jazirah arab pada masa itu, kedudukan perempuan sangatlah rendah derajatnya, bahkan ketika sebuah keluarga melahirkan seorang anak perempuan, hal itu dianggap suatu aib yang sangat besar. Mayarakat jahiliyah pada masa itu tidak segan untuk mengubur bayinya hidup-hidup. Dan Rasullah SAW lah yang telah mengubah paradigma yang ada dan mengeluarkan bangsa arab dari zaman kebodohan, maka otomatis derajat perempuan terangkat saat itu.

Tahukah kalian wahai para muslimah sejati, sesungguhnya banyak perempuan barat   yang iri kepada kita yang bisa menjaga apa yang kita miliki hanya untuk mahram kita, mereka telah bosan dengan kehidupan yang mereka jalani saat ini, silahkan baca surat cinta dari joanna fransiska untuk kita para muslimah. –> ibnuumar.sch.id/joanna-francis-wahai-muslimah-aku-iri-terhadap-kalian/

Nah perempuan barat aja bangga kepada kita, kenapa kita sendiri tidak bangga menjadi seorang muslimah, bahkan banyak para muslimah mencoba untuk mengikuti gaya ala barat padahal perempuan barat sendiri sudah jenuh dengan kehidupannya. Nah loh gimana tuh??…

Aku sangat bangga menjadi seorang muslimah, kamu???

 

By : Amalia Pebriyanti

Jatinangor, 26 juni 2014, 9:48 WIB

after reading, please comment yah

THANKS TO MY GUARDIAN ANGEL

Image

Pernah gak sih kita merenung barang sejenak, memikirkan pengorbanan orang tua terhadap kita? please think about that!!!

Orang tua rela mengorbankan apapun yang dimiliki demi kebahagiaan buah hatinya. Karena rasa sayangnya, Orang tua mau memenuhi semua kebutuhan kita. mulai  dari kebutuhan yang sangat penting hingga kebutuhan yang hanya di ada-adakan untuk hedonism kita semata. Memang, terkadang apa yang kita minta tidak semuanya terpenuhi, tapi Bukankah selama ini kedua orang tua kita lebih banyak mengabulkan keinginan kita dibanding menolaknya?

Mungkin selama ini kita tidak pernah memikirkan bagaimana kerasnya perjuangan orang tua membanting tulang, demi memenuhi apapun yang diinginkan buah hatinya, yang kita tahu hanya tinggal menikmati buah manis dari hasil jerih payahnya. kita hanya egois memikirkan diri sendiri dan tidak mau tahu pokoknya apapun yang kita inginkan harus dipenuhi, bahkan terkadang kita beranggapan orang tua tidak sayang kepada kita ketika keduanya tidak mengabulkan apa yang kita inginkan. Belajarlah untuk menjadi sedikit lebih dewasa dan berfikirlah rasional, keduanya seperti itu bukan karena tidak sayang kepada kita. Tapi karena memang ketidakmampuannya mengabulkan permintaan kita yang terlalu muluk, atau mungkin sebenarnya keduanya mampu memenuhi, tapi apa yang kita pinta itu tidak baik dan dapat menimbulkan ke mudharatan.

Image

Berterimakasihlah pada keduanya yang telah menjadi malaikat penjaga kita di dunia ini, bukankah kita bisa menjadi seperti saat ini karena jasa keduanya??? tanpa mereka entah akan seperti apakah kita. Did you love your parents? Please berikanlah yang terbaik untuk keduanya, bahagiakanlah orang tua kita layaknya orang tua membahagiakan kita, walau sebesar apapun kebahagiaan yang kita berikan tak akan pernah mampu membalas semua jasan-jasanya, tapi setidaknya kita mencoba untuk menjadi buah hati yang bisa membuat keduanya selalu tersenyum bahagia.

Panitia Loka Karya Nasional ILMIKI II UNPAD

Panitia Loka Karya Nasional ILMIKI II UNPAD

LOKARNAS, kepanitiaan nasional pertama yang saya ikuti, banyak banget ibrah dan manfaat yang saya ambil dari kepanitiaan ini, dan yang paling seneng lagi bisa ketemu temen -temen keperawatan seluruh Indonesia, dari UI, UGM, USU, UNSOED, UB, UNSYIAH, hhhmmm masih banyak lagi univ keren lainnya yang gak bisa saya sebutkan satu-satu. Apalagi sebagai divisi humas yang tugasnya nge Lo-in peserta, hhhhmmm jadi tambah intensif aja deh, eitsss jangan negatif thinking yah, buat nambah2 link pertemanan dong 🙂
LOKARNAS II ILMIKI KERENNN Aaaabbbbbiiiiiissssssss

NASIONALISME KINI

Image

Nasionalisme atau faham kebangsaan, Mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita. Nasionalisme ialah rasa cinta bangsa terhadap negaranya, rasa bangga menjadi bagian dari suatu negara dan adanya tindakan nyata dalam upaya mempertahankan eksistensi negaranya tersebut. Pertanyaannya, adakah rasa nasionalisme itu saat ini di dalam diri kita sebagai tunas harapan bangsa?

Dalam kehidupan, perbincangan tentang nasionalisme akan menghangat ketika bulan Mei tiba lebih tepatnya menjelang tanggal 20 mei, yang sudah ditetapkan sebagai hari kebangkitan Nasional. Saat inilah hampir semua bangsa Indonesia teringat betapa pentingnya nasionalisme, namun di luar hari atau bulan tersebut sangat jarang orang yang membicarakannya, sungguh hal yang membuat miris. Lebih sedih lagi jika makna nasionalisme hanya dijadikan rutinitas untuk diperingati ketika tanggal 20 Mei tiba. Padahal seharusnya nasionalisme itu senantiasa terikat erat dalam setiap nurani bangsa karena dibutuhkan proses yang berkesinambungan untuk tetap menjaga rasa nasionalisme tersebut.

Banyak faktor yang menyebabkan terkikisnya rasa nasionalisme, diantaranya yang paling mendasar ialah kurangnya pendidikan kewarganegaraan yang mengajarkan kecintaan bangsa terhadap negaranya. Pendidikan cinta terhadap tanah air seharusnya ditanamkan sejak dini baik didalam pendidikan formal maupun non formal agar rasa nasioalisme tersebut senantiasa melekat erat didalam jiwa bangsa. Faktor lain ialah media yang senantiasa ‘mengagungkan’ bangsa lain (dunia barat) sehingga menyebabkan masyarakat kurang mencintai Negaranya sendiri. Selain itu adanya fanatisme yang berlebih terhadap suku juga dapat menyebabkan terkikisnya rasa nasionalisme hal ini karena fanatisme meyebabkan terpecahnya persatuan dari suatu bangsa.

Sangat sedikit bangsa Indonesia yang memiliki rasa nasionalisme tinggi, karena ternyata pengalaman juga mempengaruhi rasa nasionalisme setiap individu. Orang-orang yang merasakan bagaimana pahitnya penjajahan dan getirnya perjuangan cenderung memiliki rasa nasonalisme yang tinggi, berbeda dengan kaum muda sekarang yang tinggal merasakan manisnya kemerdekaan kebanyakan dari mereka hanya memiliki sedikit rasa nasionalisme, Padahal rasa nasionalisme ini merupakan suatu hal yang penting untuk memperkokoh ikatan bangsa Indonesia dan juga berperan dalam upaya memajukan negara.

Bagaimanakah solusi untuk menghangatkan kembali rasa nasionalisme yang semakin padam? Hal yang pertama kali di lakukan ialah mengubah mainset yaitu mengubah cara pandang kita terhadap Negara Indonesia, buanglah semua pandangan negatif tentang Indonesia dan gantilah dengan pandangan yang positif. Ketika kita telah mengubah mainset kita dan memandang sisi positif Negara Indonesia maka kita akan mengetahui apa yang dapat kita banggakan dari Indonesia, dan jika kita telah mengetahui apa yang kita banggakan maka munculah rasa nasionalisme.

MY BLOG :)

 

Image

Kucurahkan padamu segala yang ada dalam pikiran dan hatiku

Dan ku ukir menjadi rangkaian kata 

ku berharap takan ada yang sia-sia

semoga ukiran kata yang telah kutuliskan dapat memberikan arti bagi setiap insan

kuharap diakhirat kelak engkau menjadi bukti untuk niat baikku ini

terimakasih untukmu wahai blogku 🙂

 

 

mungkin kamu bertanya itu puisi atau apa sih? Entahlah saya sendiri juga gak tau itu puisi atau bukan, harap di maklumlah “aku bukan bukan pujangga yang pandai rangkai kata” waduh malah jadi nge-alay gini hhhee, tapi yang jelas rangkaian kata itu merupakan orisinal curahan dari hati seorang Amalia pebriyanti alias amel alias lia atau apalah terserah kalian mau panggil saya apa, tapi saya sangat suka kalian memanggil dengan dua nama panggilan itu dan tidak dengan yang lainnya.   Sebenarnya ini adalah awal mula saya ingin mengembangkan blog saya dan langkah awal untuk mengembangkan minat saya dalam dunia menulis, jadilah saksi untuk itu ok guys!. Saya ingin menginspirasi banyak orang lewat tulisan saya dan saya ingin memotivasi orang lain dalam kebaikan dengan tulisan saya ini. Semoga Allah SWT mendengar niat baik saya ini, dan memberikan segala kemudahanNya untuk menjalani semuanya, Aaamiin .

 

Saya mau cerita nih ada yang mau menyimak enggak? Yah terserah kalian sih mau apa apa enggak itu hak kalian, tapi jangan nyesel loh kalo nanti gak tau ceritanya. Baiklah karena kalian masih setia membaca saya akan bercerita untuk kalian. Waktu saya kuliah semester satu di fakultas keperawatan UNPAD ada yang namanya mata kuliah pengembangan kepribadian alias Personality Development, tugas akhir semester dari mata kuliah ini ialah project membuat wordpres dengan tema yang berbeda-beda dan telah di tentukan oleh dosen mata kuliah, saya mendapatkan tema “Paradigma Psikologi Kepribadian Psikoanalitik” pokoknya dalam wordpres tersebut banyak sekali persyaratan yang harus dipenuhi oleh mahasiswa. Di dalam wordpres itu, mahasiswa di wajibkan untuk mencantumkan lambang UNPAD dan lambang fakultas keperawatan yang terhubung langsung dengan website resminya, selain itu harus ada foto dekan fakultas, dosen koordinator matakuliah dan harus mengkreasikan blog sebaik mungkin. Selain itu materi yang di tuliskan pun bukan sekedar materi, namun harus memiliki sumber dan referensi yang jelas dan dapat dipertanggung jawabkan. Sungguh semua itu membuat saya bingung kelabakan, saya tidak tahu bagaimana cara membuat semua itu, Baru pertamakalinya saya harus membuat blog seribet itu. Dengan susah payah, saya pun mengerjakan tugas itu dan alhamdulillah berhasil menyelesaikan. Tahukah kalian, blog yang sedang kalian kunjungi saat ini ialah blog yang saya buat dengan susah payah itu. Blog ini adalah sarat yang harus saya penuhi dalam memenuhi tugas mata kuliah Personality Development. Setelah berbulan-bulan tidak terpakai kini saya merasa harus memanfaatkan kembali blog ini dan kebetulan saat ini saya sedang semangat-semangatnya nih buat nulis, eh salah maksud saya bukan kebetulan karena tidak ada yang kebetulan di duinia ini melainkan sudah diatur segalanya oleh yang maha kuasa, termasuk ketertarikan saya saat ini dalam dunia menulis. InsyaAllah saya akan saya penuhi blog ini dengan tulisan-tulisan yang dapat bermanfaat bagi saya pribadi khususnya dan bagi orang lain umumnya. Saya haus akan kritik dan saran guys, siapapun kalian kritik dan sarannya saya tunggu yah!

Image

 

 

 

 

 

 

 

 

SALAM 🙂

WHAT DO YOU WANT AND WHAT CAN YOU DO

Image

Tampaknya mulai dari sekarang saya harus membiasakan diri untuk tetap menulis. Apapun itu, satu kata, satu kalimat, satu paragraf atau menjadi serangkaian tulisan yang saling terkait dan memiliki makna serta mampu dipahami bagi semua orang yang membacanya. Mulai saaat ini saya tanamkan pada diri keberanian dan optimisme bahwa saya mampu menjadi apa yang saya inginkan. Mulailah saya membuka sedikit-demi sedikit kain ketakutan yang menutup keberanian diri untuk mulai berkarya. Saya mencoba untuk menuangkan apa yang ada di dalam pikiran dan hati saya untuk dirangkai menjadi sebuah tulisan yang dapat bermanfaat bagi semua orang.

Menjadi seorang penulis dan motivator, keduanya menjadi cita-cita saya saat ini, tanpa mengesampingkan kuliah saya sebagai mahasiswi keperawatan dan profesi yang mungkin akan saya jalani kedepannya yaitu seorang perawat. Intinya saya ingin menjadi seorang perawat motivator. Aamiin. saat ini saya mulai mengetahui apa yang sebenarnya saya inginkan, saya baru mengetahui ingin menjadi apa saya kedepannya. Telat memang, sangat telat bahkan. Seharusnya sebuah cita-cita itu di tanamkan sejak dini agar semakin manusia itu tumbuh dewasa maka semakin besar kemauan dan kemampuan dia untuk mengembangkan potensi dan mewujudkan apa yang diinginkannya. Bukan begitu?. Sangat berbeda sekali dengan saya yang baru memahami betul apa yang saya inginkan saat ini. Telat memang tapi bukankah lebih baik dari pada tidak sama sekali? Sebenarnya saya memiliki satu cita-cita sedari kecil namun saya patahkan sendiri cita-cita itu dengan sifat pessimism dan rendah diri saya. Menyesal, bahkan saya sangat menyesal kenapa tidak terus saya bangun cita-cita itu, padahal kalo di ibaratkan membangun sebuah rumah hanya tinggal membangun atapnya saja untuk mewujudkan cita-cita saya itu. Namun disinilah kita harus sadar bahwa manusia hanya bisa berusaha maksimal sedangkan hasil akhir itu ialah keputusan dari yang maha kuasa.

Baiklah, kita kembali lagi pada topik pembicaraan what do you want and what can you do? percaya atau tidak, sebenarnya saya adalah orang yang pemalu dan pendiam dalam berbicara apalagi konteksnya harus berbicara didepan khalayak, That’s impossible I think Apakah mungkin seorang pemalu dan pendiam dapat menjadi seorang trainer dan motivator? Saya rasa tidak, bukan begitu?. Namun ketahuilah cita-cita dan keinginan saya untuk menjadi seorang penulis, trainer dan motivator akan saya pupuk dan saya jaga agar dapat tumbuh subur dan kelak dapat diwujudkan secara nyata. Saya tahu untuk menjadi itu bukanlah suatu perkara mudah dibutuhkan usaha yang ekstra dan latihan yang cukup banyak. Namun saya akan tetap bersemangat unuk mewujudkan hal itu. And now, what do you want and what can you do? Think about that guys.

Saat ini adalah kali pertamanya saya mencoba untuk menulis apa yang ada di dalam pikiran tanpa terusik apapun dari luar diri. Saya pun tak tahu bagaimana hasil karya yang aku tulis saat ini. Mungkin kalian lah yang dapat menilai dan mengoreksi tulisan ini. Saya mencoba untuk tetap fokus dan tetap mengkoneksikan antara jemari dan pemikiran. Lagi-lagi saya harus terus berusaha untuk merangkai kata-kata, yang dapat dipahami bukan hanya untuk oleh diri saya tetapi juga untuk orang lain. Inilah tantangan besar saya dalam menulis. Sedangkan untuk menjadi seorang trainer dan motivator saya terkendala oleh kekurang mampuan berbicara di depan khalayak. Namun tak ada yang lebih baik selain menciptakan solusi dari semua kendala yang ada, bukan begitu?.

Solusi dari msalah saya di bidang menulis mungkin saya akan terus berlatih dan membacanya berulang-ulang apa yang saya tulis ini dapat saya pahami, saya juga akan meminta orang lain untuk membaca tulisan saya apakah dia mampu untuk memahami tulisan saya. Sedangkan untuk mengembangkan kemampuan saya di bidang speech saya akan aktif berbicara diman ada kesempatan untuk sya berbicara. Organisasi juga dapat membantu mengembangkan potensi saya. saat ini saya aktif sebagai pengurus BEM KEMA Fakultas Keperawatan UNPAD di departemen kajian strategis (KASTRAT) yang tugasnya berdiskusi dan mengadakan kunjungan eksternal untuk melihat permasalahan dan mencari solusi, baik di bidang kesehatan khususnya maupun di bidang lainnya. Selain itu saya juga aktif sebagai pengurus Rohis Quwwatul Azzam Fakultas Keperawatan UNPAD di departemen SYIAR yang mengemban tugas untuk mensyiarkan islam dan kebaikan, baik di lingkungan kampus maupun diluar. Saya bangga menjadi bagian dari kedua organisasi tersebut. Keduanya mampu memberikan saya solusi untuk memecahkan tantangan yang saya hadapi saat ini. Sekarang apa masalah kalian dalam mewujudkan cita-cita dan apa solusi yang akan kalian lakukan untuk memecahkan masalah itu. Lagi-lagi think about that guys.

Saya ingin menjadi seorang penulis. Dan kini saya harus mempropokasi diri bahwa saya bisa menjadi apa yang saya inginkan. Karena didalam prinsip saya pegang, saya bisa mencapai hasil yang diinginkan jika saya berfikir saya bisa. You can if you thing you can. Kalimat itulah yang menjadi motivasi saya saat ini

Tak terasa satu halaman penuh telah aku selesaikan ternyata memang tak sesulit yang kita bayangkan hanya saja perlu berlatih untuk tetap konsisten seperti ini. Baiklah mulai mala hari ini saya berjanji pada diri saya sendiri khusunya untuk tetap menulis. Saya akan menciptakan karya dan tulisan-tulisan yang dapat bermanfaat bagi banyak orang, saya akan menulis essay, tartikel, cerpen , novel karya tulis ilmiah dan lainnya, saya akan tetap menulis. Let me introduce my self : I’M WRITER 🙂 and how about you, who are you? What do you want and what can you do?